0
Thumbs Up
Thumbs Down

Penderita Diabetes Mau Makan Manis? Baca Ini Dulu

okezone
okezone - Mon, 09 Nov 2020 10:40
Viewed: 94
Penderita Diabetes Mau Makan Manis? Baca Ini Dulu

Penderita diabetes pasti akan memperhatikan betul pola asupan makanan dan minuman yang mereka konsumsi setiap hari. Ini untuk mengontrol gula darah (glukosa) dalam tubuh.

Penderita diabetes juga wajib diet kalori dan membatasi konsumsi makanan manis supaya penyakitnya tak kambuh. Lantas apakah seorang penderita diabetes sama sekali dilarang mengonsumsi makanan manis?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSCM FKUI, Dr. dr. Dyah Purnamasari, Sp.PD, KEMD mengatakan, penderita diabetes tidak sepenuhnya dilarang untuk mengonsumsi makanan manis. Makanan manis masih boleh dikonsumsi, tapi jumlahnya tidak boleh sebanyak orang normal.

"Makanan yang mengandung banyak sukrosa dan glukosa akan membebani pankreas yang berdampak pada kinerja insulin dalam tubuh. Nantinya gangguan insulin dalam tubuh ini akan berujung pada diabetes. Intinya penyandang diabetes boleh makan manis tapi terbatas," ucap dr. Dyah dalam Media Briefing belum lama ini.

Terkait dengan efek obat dengan kenaikan gula darah seseorang, dr. Dyah mengatakan, ada beberapa obat diabetes yang mampu mengontrol gula darah seseorang. Meski demikian, kecanggihan obat tersebut harus diimbangi dengan kesadaran dan disiplin diri dari seseorang yang menyandang diabetes tersebut.

Baca juga: Nagita Slavina Latihan Menari Pakai N95, Netizen: Virus Bakalan Sungkem Sama Ini Masker

"Saat pasien tidak bisa mengontrol asupan makan dan tidak berkomunikasi secara baik dengan dokter, maka dosis obat bakal dinaikkan. Nah kenaikan dosis obat ini bisa meningkatkan berat badan. Ditambah lagi dengan makan sembarangan (tidak kontrol) justru akan membuat tubuh makin gemuk dan berujung pada obesitas," pungkasnya.

Source: okezone
OUR PARTNERS
bintang
CENTROONE
inilahcom
Japanese STATION
Kpop Chart
LIPUTAN6
okezone
salamkorea
Sehatly
slidegossip